Amsakar Achmad Ajak Mahasiswa UNRIKA Tumbuh Kembangkan Jiwa Enterpreneur

EranusaNews.com, Batam – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menghadiri Inagurasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Angkatan 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Utama Kampus UNRIKA, pada Sabtu (14/10/2023). Acaranya juga diseiringkan dengan kuliah umum.

“Saya mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangga. Acara ini (inagurasi dan kuliah umum) adalah tradisi yang baik untuk membuka cakrawala berpikir,” kata Amsakar.

Ia berharap, mahasiswa UNRIKA, khususnya mahasiswa baru FEB UNRIKA 2023, menjadi generasi yang membanggakan dan kelak menyandang predikat yang baik setelah lulus dari Unrika.

Untuk mewujudkan ini, ia berpendapat hendaknya ‘dipupuk’ melalui tradisi akademik yang juga baik.

“Jadilah mahasiswa yang aktif, dalam forum diskusi baik internal kampus maupun di luar. Budayakan kebiasaan menulis, juga jadi mahasiswa yang berpikir kritis namun konstruktif,” imbuhnya.

Bukan tanpa sebab, harapan kepada mahasiswa seiring statusnya merupakan kalangan terdidik yang tentunya menjadi harapan ke depan. Maka tak heran, ada diksi ‘maha’ dalam mahasiswa, Yanng menurutnya adalah diksi yang luar biasa dan memiliki tanggung jawab yang juga besar.

“Hakikatnya perguruan tinggi hadir dalam rangka mencetak manusia yang handal, manusia yang mampu menganalisa dan memberi sumbangsih kepada peradaban,” ujarnya.

Lanjut dia, ia juga mengajak para mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship yang juga pandai memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan digital.

“Pada tahun 2030 atau 2035, populasi manusia Indonesia didominasi usia produktif 62 persen hingga 65 persen. Sudah saatnya ini dipersiapkan dari sekarang. Generasi produktif ini adalah kalian, isi peradaban salah satunya dengan berwirausaha ini,” papar dia.

Harapan ini kerap ia sampaikan dalam beberapa kesempatan, terlebih saat menemui generasi-generasi muda.

“Saya yakin generasi muda Batam yakni kalian milenial maupun gen z ini adalah anak-anak hebat,” pungkasnya mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *