Cegah Anemia dengan Buah Kurma, Emang Bisa ???

EranusaNews.com, Batam – Siapa yang tidak mengenal salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW, Kurma merupakan buah yang biasa dijadikan menu pertama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan, buah kurma yang memiliki segudang manfaat ini dapat menjadi salah satu tips untuk mencegah anemia.

Anemia merupakan keadaan dimana kadar hemoglobin (protein pembawa oksigen ) seseorang didalam darah lebih rendah dari keadaan normal.

Anemia dapat terjadi pada siapa saja, normal kadar hemoglobin seseorang berbeda-beda, menurut WHO 2018 (Kriteria Anemia Berdasarkan Usia)
1. Anak usia 6 – 59 bulan dikatakan tidak anemia jika memiliki kadar hemoglobin 11 gr/dl.
2. Anak usia 5 – 11 tahun dikatakan tidak anemia jika memiliki kadar hemoglobin 11,5 gr/dl.
3. Anak usia 12 – 14 tahun dikatakan tidak             anemia jika memiliki kadar hemoglobin 12 gr/dl.
4. Perempuan tidak hamil (> 15 tahun ) dikatakan tidak anemia jika memiliki kadar hemoglobin 12 gr/dl.
5. Ibu hamil dikatakan tidak anemia jika memiliki kadar hemoglobin 11 gr/dl.
6. Laki-laki usia > 15 tahun dikatakan tidak anemia jika memiliki kadar hemoglobin 13 gr/dl.

Anemia dapat disebabkan karena rendahnya jumlah sel darah merah akibat kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B 12.

Dampak yang dapat terjadi jika seseorang mengalami anemia yaitu terjadinya penurunan imunitas, menurunnya konsentrasi yang dapat menghambat belajar, serta menurunnya kebugaran dan produktivitas. Sedangkan ibu hamil dengan anemia dampak yang dapat terjadi adalah memperbesar resiko kematian ibu melahirkan, bayi lahir prematur, dan berat bayi rendah.

Potensi kurma dibidang kesehatan sudah sejak lama dikenal. Berbagai artikel mengungkapkan potensi buah kurma sebagai sumber antioksidan dan serat yang baik. Mengkonsumsi kurma secara rutin akan membantu menjaga tubuh dari gangguan kesehatan. Kombinasi buah Kurma yang kaya akan zat besi, protein, karbohidrat, lemak, kalium , zinc, tembaga, fosfor, dan niasin dengan Palmyra yang kaya kandungan vitamin A mampu memperbaiki kadar Hemoglobin yang rendah.

Buah Kurma. Foto : Istimewa

Terdapat 282 kalori didalam 100 gr kurma. Kurma mengandung 1 mg zat besi, 2-2,5 protein, 75 gr karbohidrat, 65, gr gula, 7-8 gr serat, 65 miligram kalsium, 650 miligram kalium, 0,5 miligram zinc, 150 IU Vitamin A, asam folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Mengkonsumsi buah kurma merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah anemia, apabila dikonsumsi 7 butir perhari atau 100 gram, selama 14 hari. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Aisah 2022, Yulianti & Utami 2021, serta Lathifah dkk, 2022 dan peneliti lainya, bahwa dari hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan hemoglobin setelah mengkonsumsi buah kurma secara rutin. (Asiah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *