Kontroversi Film “Kiblat” Berubah Judul Menjadi “Thaghut”: Penjelasan dan Sinopsis

Eranusanews.com, – Film horor Indonesia “Kiblat,” yang sempat menuai kontroversi karena penggunaan simbol-simbol agama Islam secara negatif, kini berganti judul menjadi “Thaghut.” Film ini diproduksi oleh Leo Pictures dan dijadwalkan tayang pada 29 Agustus 2024. Perubahan judul dilakukan setelah film tersebut mendapat kecaman dari masyarakat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Apa Itu Thaghut?

Kata “Thaghut” memiliki makna yang dalam dalam konteks agama Islam. Menurut Prof. Dr. HM Baharun, Guru Besar Sosiologi Agama yang juga Ketua Komisi Hukum MUI Pusat, thaghut berarti setan yang disembah oleh manusia. Penyembah thaghut dianggap telah tersesat jauh dari agama yang benar dan akan masuk neraka bersama setan. Secara etimologi, thaghut berasal dari kata ‘thaga,’ yang berarti melampaui batas dan berlebih-lebihan dalam kekafiran atau kemaksiatan.

Makna Thaghut dalam Al-Qur’an

Kata thaghut disebutkan dalam Al-Qur’an setidaknya delapan kali dalam berbagai konteks. Misalnya, dalam Surah Al-Baqarah ayat 257, disebutkan bahwa Allah adalah Pelindung orang-orang beriman dan mengeluarkan mereka dari kegelapan kekafiran menuju cahaya iman. Sebaliknya, orang-orang kafir memiliki pelindung berupa thaghut yang membawa mereka dari cahaya menuju kegelapan kekafiran.

Dalam Surah An-Nisa ayat 51, thaghut merujuk pada segala sesuatu yang disembah selain Allah, baik berupa berhala, manusia, pohon, atau setan. Secara keseluruhan, thaghut diartikan sebagai segala macam kebatilan, termasuk berhala, ide-ide sesat, manusia durhaka, tirani, atau siapapun yang mengajak pada kesesatan.

Sinopsis Film Thaghut

“Thaghut” disutradarai oleh Bobby Prasetyo dan diperankan oleh Yasmin Napper, Ria Ricis, Arbani Yasiz, Dennis Adishwara, dan Hanna Saraswati. Film ini mengikuti kisah Ainun (Yasmin Napper), seorang wanita muda yang berjuang untuk menemukan kembali jalan yang benar setelah menemukan ayah kandungnya, Abah Mulya.

Ainun, yang diasuh oleh uwaknya di sebuah rumah terpencil, tidak mengetahui siapa orang tuanya. Di desa tempat tinggalnya, Ainun mengagumi Abah Mulya, seorang pemimpin padepokan sakti yang dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan menggandakan uang. Kekagumannya membuat Ainun dan sahabatnya, Rini, sering meniru gaya Abah saat melakukan ritual.

Baca Juga : Nikmati Layanan Antar Jemput Barang yang Cepat dan Terpercaya dengan Promo Menarik Bulan Juli! Jangan Lewatakan, Cek Sekarang Juga!

Ketika berita kematian Abah Mulya yang misterius muncul di televisi, Ainun menemukan bahwa Abah Mulya adalah ayah kandungnya. Rasa penasaran mendorong Ainun untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Abah di padepokannya. Namun, perjalanan Ainun ke Padepokan Abah diwarnai dengan kecurigaan dan kejanggalan di desa tersebut, seperti tidak adanya suara adzan dan orang yang melaksanakan sholat.

Di padepokan, Ainun disambut oleh Lingga, anak buah Abah, yang memintanya untuk meneruskan ilmu kesaktian Abah. Di sisi lain, Ajeng, istri Abah, memperingatkan Ainun, Bagas, dan Rini agar segera meninggalkan padepokan tersebut.

Daftar Pemain Film Thaghut

  1. Yasmin Napper sebagai Ainun
  2. Ria Ricis sebagai Rini
  3. Arbani Yasiz sebagai Bagas
  4. Hanna Saraswati
  5. Dennis Adishwara
  6. Keanu Azka
  7. Whani Darmawan sebagai Abah Mulya

Film “Thaghut” menarik perhatian tidak hanya karena cerita horornya tetapi juga karena kontroversi yang menyertainya. Perubahan judul dari “Kiblat” menjadi “Thaghut” menunjukkan upaya produser untuk lebih sensitif terhadap isu agama yang diangkat dalam film. Dengan latar belakang yang kontroversial, film ini diharapkan dapat memberikan pengalaman sinematik yang menarik sekaligus menghormati nilai-nilai keagamaan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *