Bolehkah Berpuasa Sunah Syawal Jika Masih Punya Hutang Puasa Ramadhan?

Eranusanews.com, Puasa Syawal merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Namun, pertanyaan sering muncul apakah boleh berpuasa sunah Syawal jika masih memiliki hutang puasa Ramadan yang belum ditebus. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami hukum-hukum dalam Islam terkait dengan puasa sunah dan qadha puasa Ramadhan.

Hukum Berpuasa Sunah Syawal

Puasa sunah Syawal adalah puasa yang dilakukan pada enam hari pertama bulan Syawal setelah selesai menjalankan puasa Ramadhan. Puasa ini sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa pun yang berpuasa Ramadhan kemudian mengikuti puasa itu dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu akan menjadi seperti berpuasa setahun penuh.

Hukum Qadha Puasa Ramadan

Qadha puasa Ramadhan adalah puasa yang harus ditebus bagi seseorang yang tidak dapat menjalankan puasa Ramadhan karena alasan tertentu, seperti sakit atau bepergian. Qadha puasa Ramadan memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada puasa sunah lainnya, karena merupakan kewajiban yang harus diselesaikan.

Bolehkah Berpuasa Sunah Syawal Jika Masih Punya Hutang Puasa Ramadan?

Menurut pendapat mayoritas ulama, boleh berpuasa sunah Syawal meskipun masih memiliki hutang puasa Ramadhan yang belum ditebus. Hal ini karena puasa sunah Syawal tidak menjadi penghalang bagi penebusan hutang puasa Ramadhan. Namun, disarankan untuk lebih memprioritaskan penebusan hutang puasa Ramadhan sebelum berpuasa sunah lainnya.

Kesimpulan

Puasa sunah Syawal merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Meskipun boleh berpuasa sunah Syawal jika masih memiliki hutang puasa Ramadan, sebaiknya lebih memprioritaskan untuk menyelesaikan qadha puasa Ramadhan terlebih dahulu. Dengan demikian, kita dapat memperoleh keutamaan dari berpuasa sunah Syawal tanpa mengabaikan kewajiban untuk menyelesaikan hutang puasa Ramadhan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *