Enggak Usah Takut Gemuk, Ini Tips Tetap Sehat Setelah Makan Berlebihan

Eranusanews.com, Jakarta – Kamu baru saja mengadakan acara keluarga besar dan makan-makan? Atau baru saja traktir teman di sebuah perayaan? Jangan khawatir gemuk, kamu bisa melakukan sejumlah cara agar tetap sehat setelah terlalu banyak makan.
Saat mengadakan acara yang berlimpah makanan, sering kali kita kesulitan mengendalikan nafsu makan. Namun, tak jarang kita juga merasa bersalah dan menyesali setiap suapan yang masuk ke dalam perut.

Perasaan menyesal dan takut gemuk itu wajar dirasakan setelah makan terlalu banyak. Apalagi, jika banyak makanan manis dan gurih yang kita konsumsi.
Berikut ini cara terbaik yang bisa kamu lakukan setelah terlalu banyak makan melansir Eat This Not That.

1. Fokus kepada serat tambahan
Ilustrasi. Setelah makan terlalu banyak, kamu bisa fokus pada serat tambahan keesokan harinya. (iStock/fotostorm)
Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan favorit terlalu banyak, namun mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan terkadang dapat menyebabkan sembelit atau ketidaknyamanan perut, terutama jika makanan tersebut rendah serat.

Jika perut Anda terasa tidak nyaman dan kembung setelah makan berlebihan, pertimbangkan untuk mengonsumsi serat tambahan keesokan harinya.

“Serat tidak larut menambah jumlah besar pada tinja, melancarkan buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit,” kata ahli diet Amy Goodson.

“Setelah seharian makan, menambahkan lebih banyak serat (dan air) ke dalam hari Anda dapat melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengurangi kembung tambahan.”

Untuk memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu harian, cobalah memulai pagi dengan semangkuk oatmeal atau roti gandum dengan alpukat di atasnya.

2. Kembali makan sayuran
Menurut The Nutrition Twins, Tammy Lakatos Shamesdan Lyssie Lakatos, mengonsumsi sayuran kaya antioksidan dan kaya serat pada makanan Anda berikutnya dapat membantu memulihkan tubuh yang terlanjur makan berlebihan.

“Serat dari sayuran hijau membantu mendorong limbah dan racun keluar dari usus besar, membantu menjaga Anda tetap teratur sehingga Anda dapat segera pulih dan merasa lebih ringan,” kata Nutrition Twins.

“Dan antioksidan dalam sayuran hijau melawan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh konsumsi makanan manis, berlemak, dan makanan olahan yang berlebihan.”

3. Mulai pagi dengan sarapan seimbang
Ilustrasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan setelah terlalu banyak makan adalah sarapan seimbang keesokan harinya. (Leeroy/Life of Pix)
Salah satu hal yang dapat dilakukan sehari setelah makan berlebihan adalah memastikan Anda memulai hari dengan sarapan yang sehat dan seimbang.

“Sehari setelah makan berlebihan, mulailah dengan sarapan kaya protein dan serat agar gula darah Anda berada pada jalur yang benar,” kata Goodson.

“Telur dan oatmeal atau roti gandum utuh dengan selai kacang dan yogurt Yunani adalah pilihan yang bagus. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik sepanjang hari.”

4. Kurangi alkohol
Alkohol sering kali jadi teman berbagai perayaan. Biasanya orang akan berlanjut minum alkohol setelah banyak makan.

Nyatanya, minum terlalu banyak alkohol hanya menambah kalori untuk tubuh serta menyebabkan kembung dan lemas keesokan harinya.

“Fokus pada air dan minuman rendah kalori lainnya untuk menghidrasi,” kata Goodson.

5. Jalan kaki setelah makan besar
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memberikan bantuan lebih cepat setelah makan terlalu banyak dan merasa terlalu kenyang adalah dengan berjalan-jalan setelah makan.

“Jalan kaki akan membantu menjernihkan pikiran. Dan jika Anda berkeringat, Anda dapat mengeluarkan beberapa bahan kimia dan sedikit garam sekaligus meningkatkan aliran darah ke otak,” kata Nutrition Twins.

“Anda juga akan membakar beberapa kalori ekstra saat melakukannya, yang akan membantu mengimbangi beberapa kalori ekstra yang mungkin Anda konsumsi.”

6. Tetap olahraga di akhir pekan
Ilustrasi. Tetap olahraga di akhir pekan setelah kamu makan berlebihan. (iStockphoto/eternalcreative)
Jika Anda menggelar perayaan di hari Jumat, pastikan untuk tetap berolahraga pada Sabtu dan Minggu.

“Berjalan-jalan setelah makan besar memang menyenangkan, tetapi keesokan harinya, tingkatkan detak jantung Anda,” kata Goodson.

“Sedikit keringat di gym atau lari pagi dapat membantu Anda menghilangkan rasa kembung dan lesu.”

7. Jaga hidrasi tubuh
Mengonsumsi makanan tinggi natrium dapat menyebabkan kekenyangan atau kembung keesokan harinya. Itu sebabnya Goodson menekankan pentingnya memastikan Anda tetap terhidrasi sebelum dan sesudah makan besar.

Selain minum banyak air, Anda juga dapat mencoba meningkatkan hidrasi dengan menambahkan sedikit tambahan pada minuman.

“Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menghidrasi sepanjang hari dengan infused water, seperti Minuman “Detox” Cuka Sari Apel Lemon atau Air “Detox” Cranberry Orange Ginger ini,” kata The Nutrition Twins.

“Cairan tersebut akan membantu memulihkan status hidrasi normal karena membuang kelebihan natrium, gula, dan air yang tertahan di dalamnya, mengurangi kembung dan rasa berat.”

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *