Seminar Studi Banding SMA Muhammadiyah 1 Batam dengan UTHM Malaysia dan kampus STIKOM Muhammadiyah Batam Langkah Baru Go Internasional

Eranusanews.com, Batam – Dalam upaya memperkuat kerjasama internasional, SMA Muhammadiyah mengadakan acara studi banding dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) berkunjung ke SMA Muhammadiyah Batam, yang bertujuan untuk membuka peluang pertukaran pelajar dan beasiswa ke Malaysia. Acara ini berlangsung pada Jumat, 14 Juni 2024, di Aula Muhammadiyah Batam dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari kedua institusi pendidikan.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Dikdasmen Bobby Nasution, Ketua Stikom Muhammadiyah Batam, Mohd Ikbal, ST., M.Kom, serta Dosen UTHM, Dr. Abdul Hamid. Tidak hanya itu, guru-guru dan siswa SMA Muhammadiyah Batam juga turut hadir, menjadikan acara ini sarat dengan atmosfer intelektual dan akademis.

Dalam sambutannya, Yusnan, ST.,M.M. menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Batam melalui program pertukaran pelajar dan pemberian beasiswa. “Kami sangat antusias dengan kerjasama ini. Ini adalah peluang besar bagi Siswa kami untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri dan meningkatkan kompetensi mereka di tingkat internasional,” ujarnya.

Dr. Abdul Hamid dari UTHM menambahkan bahwa program ini tidak hanya bertujuan untuk akademis tetapi juga untuk mempererat hubungan kedua negara melalui pertukaran budaya dan pengetahuan. “Kami di UTHM sangat terbuka untuk menerima Siswa SMA dan Stikom Muhammadiyah Batam. Program beasiswa yang kami tawarkan akan membantu mahasiswa yang berprestasi untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal,” katanya.

Ketua Dikdasmen Bobby Nasution juga memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif ini, dengan harapan bahwa kolaborasi ini akan menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya di Indonesia.

“Kerjasama seperti ini sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan siap bersaing di kancah global,” katanya.

Foto: Peserta Seminar dan Undangan Study Banding

Salah satu siswa SMA Muhammadiyah yang hadir, Aisyah (17), menyatakan kegembiraannya atas kesempatan ini. “Saya berharap dapat ikut serta dalam program pertukaran dan beasiswa pelajar ini. Ini adalah kesempatan emas untuk belajar dan mendapatkan pengalaman serta beasiswa internasional,” katanya dengan semangat.

Acara studi banding ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkuat hubungan akademis antara Indonesia dan Malaysia. Melalui program ini, diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan yang signifikan serta peningkatan mutu pendidikan di kedua negara.

Kerjasama antara Stikom Muhammadiyah Batam dan UTHM Malaysia ini diharapkan dapat menjadi model bagi kerjasama pendidikan lainnya, mengingat pentingnya globalisasi dalam dunia pendidikan saat ini. Langkah ini juga sejalan dengan visi dan misi kedua institusi untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki wawasan internasional yang luas. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *