Ciptakan Suasana Kondusif Selama Ramadhan dan Jelang Idul Fitri1445 H

Eranusanews.com, Batam – Ketua Umum Pimpinan Wilayah Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI) Kepulauan Riau Joni dan Ketua Umum Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Kepulauan Riau Fajar Al-Faruq dan Ketua Umum HMI Cabang Batam Madani Muhammad Firdaus Ansori pada acara buka puasa bareng pada senin, 01 April 2024 di Batam Center menyatakan pernyataan sikap bersama untuk menjaga suasana kondusif selama Ramadhan 1445 H dan jelang Idul fitri 1445 H.

Pernyataan sikap bersama tersebut memuat 5 poin penting.

Yakni pertama, menjaga ketertiban dan ketenteraman lingkungan khususnya lingkungan di sekitar masjid/mushala, sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah salat dengan khusyuk guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kedua, mendukung upaya alim ulama, cerdik pandai serta seluruh tokoh masyarakat untuk mengawasi para generasi muda dan anak kemenakannya agar tidak terlibat dalam kegiatan tawuran, balapan liar, judi, minuman keras, narkoba, LGBT serta perbuatan maksiat lainnya.

Ketiga, menolak segala bentuk aktifitas yang dapat merusak ibadah puasa dan kekhusyukan dalam melaksanakan Shalat Tarawih di Kepulauan Riau.

Keempat meminta dukungan moral kepada masyarakat dilingkungan masjid/mushala untuk menciptakan suasana yang kondusif selama bulan suci Ramadhan.

Kelima, memahami keberagaman dalam kebhinekaan dan selalu menjaga, memupuk toleransi serta moderasi beragama demi keutuhan NKRI.

Pernyataan Sikap Bersama Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI) Kepri, Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) dan HMI Cabang Batam Madani, Senin (01/04/2024). Foto: Istimewa

Kami berharap penuh tanggung jawab untuk menjadikan kepri yang kondusif bukan hanya tugas TNI/ Polri tapi menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat khusunya para pemuda dan pelajar se-provinsi Kepulauan Riau.

Kami pun mengajak masyarakat Provinsi Kepulauan Riau untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H dengan hati yang bersih dan penuh kegembiraan.

”Marilah kita jadikan Ramadhan tahun ini sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan serta memperkuat kesatuan,” ucap Joni yang disampingi oleh Ahmad Fajar Al Faruq dan Muhammad Firdaus Ansori.

Sementara itu, turut hadir pada buka puasa bareng adalah Amirul Khalish Manik (Wakil Ketua Umum PP PRIMA DMI 2023-2027) mengatakan kegiatan ini dalam rangka menciptakan dan mewujudkan suasana yang kondusif bagi umat Islam dalam rangka menjalankan ibadah puasa, serta mewujudkan sinergisitas antara pemerintah dengan lintas tokoh agama, ormas dan OKP. Tanda kanda, sapaan akrabnya

”Kita berharap, terciptanya suasana Provinsi Kepulauan Riau yang kondusif, aman, nyaman dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1445 H dan pelaksanaan ibadah puasa,” ujarnya.

Ia menambahkan, adapun sasaran kegiatan ini meliputi unsur pemuda dan pelajar. organisasi keagamaan, organisasi sosial, organisasi kepemudaan dan LSM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *